Artikel ini akan membahas cara installasi toko online PrestaShop di web hosting. Prestashop merupakan aplikasi web base yang dapat digunakan untuk membangun sebuah toko online secara gratis. Dimana spesifikasi dari yang dibutuhkan oleh PrestaShop adalah: Linux, Unix, atau Windows, Web Server (Apache 1.3 atau terbaru IIS 6 atau terbaru), PHP 5.0 atau terbaru, MySQL 5 atau terbaru.

Proses instalasi PrestaShop dibagi menjadi:

  1. Download PrestaShop
  2. Upload PrestaShop
  3. Buat Database
  4. Install PrestaShop

Download PrestaShop

Anda dapat mendownload aplikasi PrestaShop secara gratis melalui situs resmi di http://prestashop.com

Upload PrestaShop

Setelah selesai download, upload file tersebut ke web hosting dengan menggunakan FTP, simpan file tersebut di direktori yang anda inginkan. Harus di dalam public_html.

Cara upload bisa Menggunakan FileZilla.

Proses upload akan memakan waktu yang agak lama, selagi menunggu selesai upload, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Buat Database

Login ke cPanel untuk Membuat Database MySql untuk PrestaShop. Catat informasi berikut: nama database, username, dan password.
web hosting indonesiaWeb Hosting Indonesia
PT. Dapur Hosting menyediakan layanan web hosting Indonesia murah dengan cPanel mendukung PHP, MySql, CMS Joomla dan WordPress.

Install PrestaShop

Setelah proses upload selesai, login ke cPanel > File Manager, lalu extract file PrestaShop.

Pindahkan ke direktori yang anda inginkan, misalkan anda ingin toko online anda bisa diakses melalui nama domain, maka pindahkan semua isi PrestaShop yang ada di dalam direktori public_html/prestashop ke public_html.

Lalu mulai instalasi dengan mengakses web instalasi di URL:  http://namadomain/install

Pilih bahasa yang diinginkan lalu tekan tombol Next untuk melanjutkannya.


Pada halaman berikutnya, instalasi akan melakukan pemeriksaan terhadap server dan sistem. Jika server mendukung dengan requirementnya, maka ikonnya akan berwarna hijau. Lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan.

NB: hal ini dikecualikan untuk fitur Allowed to open external URLs. Kami disabled funsgi tersebut demi keamanan server.


Pada langkah ketiga instalasi, masukkan informasi database yang telah anda buat sebelumnya. Cara buat database bisa dibaca di Membuat Database MySql. Lalu pilih pilihan Full mode: Install all basic modules and add sample products

Setelah semua selesai dimasukkan, tekan tombol Next untuk melanjutkan.


Pada halaman ini anda diminat untuk memasukkan informasi diri dan toko online anda. Setelah selesai, klik tombol Next untuk melanjutkannya.


Instalasi telah selesai dilakukan. Sekarang anda harus menghapus direktori install, gunakan File Manager cPanel untuk menghapus direktori install.

WARNING! For security reasons, you must now delete the ‘install’ folder located on your hosting server.

Setelah hapus direktori install, rename direktori admin dengan nama yang lain, misal admin123. Rename direktori bisa dilakukan melalui File Manager di cPanel.


3 Thoughts on “Instalasi PrestaShop

  1. Pingback: Online Business Story

  2. agus on July 11, 2011 at 6:03 pm said:

    apakah prestashop dapat dijalankan di lokal/offline ?

  3. @mas agus, bisa, sebaiknya pakai XAMP + prestashop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation

You might also likeclose